PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-FATTAH (MH 357) BOJONGMENGGER - CIJEUNGJING - CIAMIS - JAWA BARAT - INDONESIA

Senin, 12 Mei 2014

Mengatasi dan Menghilangkan "Consider Replacing Your Battery" pada Windows 7


Bismilahirrahmanirrahiem...
Salam buat baraya semua. ini adalah pengalaman admin yang punya notebook jadul yang biasanya baik-baik aje eh malah dapat emuan baru. di icon batterynya sekalipun udah di carger full eh tetep aja masih ada tanda silang merahnya sama ada tulisan "Consider replacing your battery", coba di translete di mbah googel translete, eh ternyata artinya nyuruh di ganti batterey nya. sempat bingung juga soalnya batterey baru kan gak murah. 
Admin cobe searcing lagi di mbah google akhirnya ada juga nih yang nawarin solusinya dan admin coba, hasilnya alhamdulilah.
Okey, Calm down, solusinya admin copas deh disini hehehe.... buat temen - temen yang mungkin punya masalah serupa dengan saya, ini dia solusinya, tapi sebelumnya saya akan menunjukkan screenshot 'consider replacing your battery' :
Satu yang sering dialami oleh pengguna Windows 7, terutama kita kita yang menggunakan Laptop model lama yang dikeluarkan sebelum adanya Windows 7 adalah Error Consider Replacing Your Battery dengan tanda cakra (x) merah di indikator baterai. Bagaimana cara  mengatasi tanda merah di baterai ini?
Penyebab serius dari masalah Consider Replacing Your Battery adalah karena Windows 7 “salah” dalam membaca ACPI dari Laptop tersebut. Alhasil, maka Windows 7 pun akan mengeluarkan warning atau error yang salah? Lho kok bisa? Ini karena BIOS laptop tersebut belum mendukung sepenuhnya Windows 7 sehingga antara BIOS dan OS Windows 7 tidak sinkron.
Cara Pertama, Solusi Terbaik dan Terjitu namun Resikonya juga Besar karena bisa mengakibatkan Laptop Matot alias Mati Total yakni dengan Update BIOS ke versi terbaru yang sudah mendukung Windows 7. Sehingga nantinya Windows 7 nantinya tidak akan salah lagi membaca indikator baterai dari BIOS. Benarkan Update BIOS bisa menyebabkan Laptop matot? Tentu saja, apalagi jika saat sedang proses update tiba-tiba laptop mati atau kehilangan daya, sehingga proses hanya berjalan setengah, alhasil BIOS tidak terinstall dengan baik.
Cara Kedua untuk mengatasi pesan error tersebut adalah:
  • ·         Centang atau klik tulisan “Warn me if my battery may need replacement


Jika cara pertama dan kedua belum ampuh untuk mengatasi solusi dari masalah tersebut, ada cara ketiganya kawan, istilah lain dalam cara ini adalah mengkalibrasi baterai, klo gua mah biasa kalibrasi botol pake air hehe, berikut langkah - langkahnya :
  • ·    Charge baterai anda sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya. 
  • ·    Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.

  • ·    Jika sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.

  • ·     Biarkan laptop rampai mati sendiri karena kehabisan baterai (ini biasanya berlangsung sekitar 1 s.d 2 jam lebih). Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan apapun pada laptop Anda selama proses ini.
  • · Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal.
  • ·   Silahkan cek apakah pesan “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai masih ada ataukah sudah hilang.


Jika cara yang sebelumnya masih belum menemukan titik terang hehe, ada cara keempat yang Insyallah bisa ngasi solusi buat kawan2 sekalian, berikut langkah-langkahnya:

  • ·       Klik kanan icon battery pada system tray anda (bagian kanan bawah), dan pilih “Turn system icon on or off”
  • ·         Pada jendela berikutnya, matikan "Power" dengan memilih off. 

  • ·     Nyalakan kembali icon battery dengan cara klik kanan pada taskbar dan pilih properties, lalu tab “taskbar” pada bagian notification area pilih Costumize...
  • ·      Pada bagian bawah pilih “Turn system icon on or off”. Pada "Power" pilih “On” maka icon battery akan kembali muncul. Selesai.. 

Semoga saja cara ini berhasil.
Kalo cara – cara diatas masih belum berhasil juga, slow down, saya punya jurus pamungkas buat ngatasin penyakit itu bro, berikut langkah – langkahnya :
  • ·         Klik kanan icon battery pada system tray anda, pilih “Turn system icon on or off”
  • ·         Pada jendela berikutnya, pilih off pada Power
  • ·         Dijamin tidak akan ada lagi pesan error tersebut.

Nah, kalo emang cara – cara diatas sudah dilakukan semua dan lagi lagi tidak membuahkan hasil, berarti anda benar-benar harus segera mengganti battery laptop anda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar BARAYA

Designed By Noo El-Ghonzy