PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-FATTAH (MH 357) BOJONGMENGGER - CIJEUNGJING - CIAMIS - JAWA BARAT - INDONESIA

Sabtu, 17 Mei 2014

Studi Banding SMK 2014 Jogja-Solo

Bismilahirrahmanirrahiem..

       Kegiatan study banding atau study tour atau ada juga yang menyebutnya karyawisata adalah satu kegiatan yang selalu diagendakan oleh sekolah-sekolah. Selain untuk sekedar refreshing atau bertamasya, kegiatan ini juga bertujuan untuk sarana pembelajaran juga untuk para siswa dan siswi peserta kegiatan tersebut.


Begitu pun halnya di Yayasan Al-Fattah yang baru baru ini menyelenggarakan kegiatan tersebut, dan kali ini yang mengadakan kegiatan tersebut adalah SMK nya, dimana tujuan atau objeknya adalah seputar Kota Jogjakarta dan Solo. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari hari kamis 9 Mei sampai dengan hari Minggu 12 Mei 2014. Untuk lokasi kunjungannya mungkin untuk semua orang juga sudah tidak asing lagi, yaitu seputar tempat wisata di kedua kota tersebut seperti Istana Kepresidenan Jogjakarta, Taman Pintar, Benteng Vredeburg dan tentunya yang tidak mungkin terlewatkan bagi yang jalan-jalan ke jogja itu adalah Malioboronya. Sedangkan untuk di kot Solonya sendiri yang menjadi objek utama kunjungan study banding ini adalah SMK 2 Surakarta dan SMK pancasila yang bengkelnya dijadikan tempat produksi mobol Esemka.
Yang menarik dalam kegiatan Study Tour atau Study Banding kali ini adalah dimana kegiatan ini berlangsung sampai 2 hari dan 3 malam, yang mana pada tahun tahun-tahun sebelumnya biasanya hanya berlangsung 1 hari dan 2 malam saja. Jadi yang biasanya hanya bermalam ketika perjalanan pergi dan pulangnya saja, untuk sekarang ada satu malam yang benar benar menginap di tempat kunjungan.
Selain itu yang lebih menarik lagi dari kegiatan ini menurut peserta study banding ini adalah media atau alat trasnportasi yang digunakannya. Kalau biasanya tiap kegiatan seperti ini adalah menggunakan jasa transportasi bus pariwisata, kali ini jasa transportasi yang digunakannya adalah menggunakan kereta api. Terlepas dari suka dukanya menggunakan alat transportasi ini, tetepi kali ini tentu menjadi satu pengalaman yang berbeda bagi anak-anak peserta kegiatan ini, yang ternyata kebanyakan dari mereka mengatakan ini adalah pertama kalinya naik kereta.
Ketua pelaksa dari kegiatan ini, Bapak Lukman Nulhakim, ST.  yang merupakan guru otomotif di SMK Al-Fattah sudah jauh-jauh hari mempersiapkan untuk kegiatan ini dengan semaksimal mungkin. Tiket kereta untuk pergi dan pulang antara Ciamis-Solo sudah beliau pesan dari satu bulan sebelumnya.
Saya hanya ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak, kenyamanan dalam segala hal semaksimal mungkin kita usahakan”. Ungkap beliau disela-sela pembicaraan lain tentang kegiatan ini.
Saya juga berterima kasih kepada Al-Fattah, dengan ada di Al-fattah ini saya juga jadi punya pengalaman baru dalam urusan trevel, siapa tahu aja ke depan saya bisa dan punya usaha sampingan lain di bidang trevel “, ungkapnya pula yang secara estafet di amini oleh para panitia yang lain dalam kegiatan ini.
Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan siswi SMK Al-Fattah tingkat X (sepuluh) jurusan RPL dan TKR dan di bimbing oleh beberapa guru pembimbing kelompok. Rombongan mula-mula kumpul di sekolah pada jam 20.00 WIB, kemudian peserta menerima pengarahan dari kepala sekolah sampai jam21.00 WIB. Setelah itu rombongan berangkat menuju stasiun kereta api Ciamis menggunakan 2 mobil angkutan umum yang sengaja di carter. Distasiun ciamis sempat menunggu sampai satu jam lebih sampai akhirnya rombongan berangkat menuju Jogjakarta sekitar pukul 23.40 WIB dengan menggunakan kereta api kahuripan (ekonomi class).
Selama diperjalanan peserta terlihat sangan menikmati perjalanannya, sekalipun hanya menggunakan kereta api yang kelas ekonomi tapi wajah kesenangan tetep terlihat pada setiap peserta. Ini terlihat karena tidak ada seorang pun yang terlihat mengeluh, bahkan anak-anak banyak terlihat tertawa dengan candaan mereka sambil menikmati makanan camilan-camilan yang sengaja mereka bekal. Karena perjalanan cukup jauh akhirnya satu persatu anak-anak pun mulai tertidur juga hingga akhirnya tak terasa sekitar jam 05.00 pagi rombongan sampai di stasiun Lempuyangan Jogjakarta. Di sana semua peserta melaksanakan sholat subuh berjamaah, istirahat, sarapan pagi sampai akhirnya menjelang siang berangkat menggunakan taksi menuju hotel untuk cek in, dan hotel yang sudah dipersiapkan oleh panitia adalah hotel monica, sebuah hotel kecil tetapi cukup nyaman yang ada disekitaran Malioboro.
Siang harinya kunjungan studi tour mulai dilaksanakan. Pertama-tama kita mengunjungi Istana Kresidanan Jogja, lalu dilanjutkan ke Taman Pintar. Karena hari itu adalah hari Jum’at, maka para peserta laki-laki melaksanakan sholat juma’at terlebih dahulu di mesjid sekitaran Taman Pintar, sebelum akhirnya melanjutkan kunjungan berikutnya ke benteng Vredeburg.
Sore harinya setelah selesai semua target kunjungan di daerah Jogja, rombongan memanfaatkan waktu sore dan malam harinya untuk sekedar jalan-jalan di Malioboro dan atau ada juga yang berburu oleh-oleh. Oleh-oleh atau cendera mata khas Jogja tentu menjadi buruan para peserta yang tentunya sudah menyiapkan bekel uang untuk belanja tersebut, seperti baju batik, kaos khas jogja atau makanan khas seperti bakpia, brem atau yang lainnya.
Keesokan harinya setelah cek out dari hotel rombongan melanjutkan tour ke Solo dengan menggunakan kereta api juga. Rombongan berangkat dari stasiun Tugu Jogja menuju Solo sekitar jam 11.30 WIB dan sampai di stasiun Balapan Solo sekitar jam 12.30  WIB. Setelah selesai makan siang rombongan langsung menuju ke SMK 2 Surakarta sebagai tempat kunjungan berikutnya di Solo. Jam 15.00 rombongan dijemput oleh bus tingkat Werkudara untuk keliling solo dan dalam kelilingnya rombongan sempat mengunjungi bengkel otomotis SMK Pancasila di mana di tempat tersebut lah mobil Esemka diproduksi.
Tour diakhiri dengan rombongan langsung diantar oleh bus tingkat tadi ke stasiun Jebres Solo. Di sana rombongan melaksanakan sholat jama’ takhir qoshor Dzuhur dan Ashar. Karena kereta yang akan rombongan tumpangi sedikit terlambat maka rombongan sempat juga melaksanakan sholat berjamaah Maghrib dan ‘Isya yang di jama’ taqdim. Sampai akhirnya sekitar jam 18.30 rombongan berangkat pulang menggunakan kereta api Kahuripan juga dari stasion Jebres Solo.
Di perjalanan pulang, untuk sedikit mengetes anak-anak tentang ilmu dari hasil kunjungan ini sempat diadakan beberapa game yang berupa beberapa pertanyaan seputar study banding yang sudah dilaksanakan selama dua hari itu. Anak-anak peserta terlihat masih antusias mengikuti game tersebut walaupun tidak di pungkiri juga mereka memang sudah kelihatan leleh dan capek, tetapi beberapa hadiah kecil yang sudah disiapkan oleh panitia terbukti ampuh menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak tetap tetap semangat dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh panitia dan pembimbing.
Jam Satu malam lebih rombongan tiba kembali di Stasiun Ciamis, dan di sana rombongan sudah siap ditunggu oleh 3 mobil jemputan untuk kembali ke sekolah sebelum esok harinya pada hari minggu, mereka semua anak-anak peserta Study Banding SMK Al-Fattah 2014 ini benar benar pulang ke rumahnya masing masing dan siap bercerita dan berkomentar kepada siapa saja tentang pengalamannya masing-masing.





Catatan :
Bagi yang ingin mendownload file dokumentasi foto-foto selama Study Banding SMK Al-Fattah tahun 2014 silahkan KLIK DISINI




Catatan :
Bagi yang ingin mendownload file dokumentasi foto-foto selama Study Banding SMK Al-Fattah tahun 2014 silahkan KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar BARAYA

Designed By Noo El-Ghonzy